3-Langkah-Mudah-Mendapatkan-Kuota-Internet-Gratis-dari-Kemendikbud

3 Langkah Mudah Mendapatkan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud

Penerima kuota internet gratis yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kemdikbud pada tahun 2020, kini berlanjut di tahun 2021.

Penerima kuota internet gratis dari Kemendikbud tahun 2021 Masih sama dengan 2020

Baca Juga: September! Kuota Internet Gratis Kemndikbud Akan Cair, Simak Syarat dan Caranya

Baca Juga: September 2021, Pemerintah berikan bantuan Kuota Internet GRATIS

artikel ini pembaca akan mendapatkan infromasi terkait cara mudah mendapatkan kuota internet gratis dari Kemendikbud tahun 2021.

Bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud 2021

Penerima kuota internet gratis dari Kemendikbud tahun 2021 yaitu pelajar dan para pengajar diseluruh instansi pendidikan mulai dari Peserta didik jenjang PAUD hingga perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Diberikan kuota internet gratis tujuannya adalah sebagai penunjang pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang berlangsung saat pandemic.

Meskipun belum terjadwal, namun pemberian kuota internet gratis dari Kemendikbud tahun 2021 telah dipastikan akan cair oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

“Pemerintah masih akan memberikan dukungan di sektor pendidikan dan biaya internet bagi murid, siswa, mahasiswa, dan guru,” tutur Sri Mulyani selaku Kemenkeu RI terkait kebelanjutan pemberian kuota internet gratis dalam acara Outlook Perekonomian yang bertajuk Meraih Peluang Pemulihan Ekonomi di tahun 2021.

Alasan pemberian kuota internet gratis untuk siswa, mahasiswa, guru, dan dosen tersebut disampaikan oleh Ainun Naim selaku Sekretaris Jenderal Kemendikbud.

“Tahun 2021 alokasi kuota internet masih akan dilanjutkan. Namun tentu akan berusaha untuk menempuh dengan cara lebih baik,” tuturnya dalam konferensi pers virtual pada Selasa, 5 Januari 2021.

Dengan adanya kuota internet gratis, masyarakat sangat terbantu, menurut Ainun. Berdasar pada respon tersebut, akhirnya pihak Kemendikbud memutuskan untuk melanjutkan pemberian kuota internet gratis kepada para siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

Sayangnya, pemberian kuota internet gratis pada tahun 2021 ini mekanismenya berbeda dari pada tahun sebelumnya.

“Sedang dirumuskan besaran dan cakupannya seperti apa. Karena ada perkembangan penyelesaian pandemi, ini alternatif pelaksanaan pembelajaran dari rumah,” kata Ainun.

See also  Cara Transfer Uang Beda Bank Lewat ATM Bank Pos Taiwan

cara mendapatkan kuota internet gratis dari Kemendikbud Cukup mudah yaitu:

  1. Terdaftar sebagai pelajar dan pengajar aktif
  2. Memiliki nomor hp aktif
  3. Serahkan nomor hp aktifmu kepada pihak Dapodik sekolah bagi pelajar maupun pengajar yang berada di sekolah atau kepada bagian PDDikti bagi mahasiswa maupun dosen yang masih aktif di kampus

Besaran kuota internet gratis dari Kemendikbud yang telah diberikan kepada para pelajar dan pengajar aktif berada pada kisaran 35 GB hingga 50 GB per penerima.

Baca Juga: Kabar Baik Untuk Pelajar! Kuota Gratis Dari Pemerintah Hingga Desember 2021