perusahaan asuransi terdaftar ojk

Daftar Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di OJK

Memilih asuransi bisa jadi cukup rumit dan membingungkan. Apalagi saat ini ada banyak pilihan asuransi yang mengklaim dirinya terbaik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Anda jangan khawatir, setidaknya Anda bisa mengerucutkan pilihan asuransi yang terdaftar di OJK saja.

Memilih asuransi yang telah terdaftar akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan terlindungi karena diawasi oleh lembaga keuangan negara yang sah. Berikut sedikit tips memilih asuransi dan mana saja yang ada di OJK.

Daftar Perusahaan Asuransi Resmi yang Diawasi OJK

Mengapa penting memilih asuransi yang terdaftar di OJK? Karena perusahaan yang terdaftar di OJK tandanya memiliki sistem keuangan yang aman. Jika sewaktu-waktu terjadi masalah, maka Anda akan memiliki tempat pengaduan yang aman.

Fungsi dari OJK adalah mengawasi dan membuat pengaturan terhadap perusahaan keuangan baik bank, non bank, dan asuransi. Perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK diwajibkan mengirimkan laporan keuangannya secara berkala.

Beberapa contoh perusahaan tersebut adalah PT Panin Dai-chi Life, PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG, PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT AIA Financial dan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912.

Nama-nama lain yang juga populer adalah PT FWD Life Indonesia, PT Axa Financial Indonesia, PT Ace Life Assurance, dan PT Axa Mandiri Financial Services. Demikian juga untuk PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha, PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT BNI Life Insurance, dan PT Avrist Assurance.

Ada juga perusahaan dengan nama PT Central Asia Financial, PT Axa Life Indonesia, PT Asuransi Jiwa Bakrie, PT Cimb sun life, PT Asuransi Jiwa BCA, dan PT Asuransi Jiwa Beringin Jiwa Sejahtera. Kemudian, ada PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia, PT Commonwealth Life, PT Asuransi Jiwa Asia Central Raya, dan PT Lippo Life Assurance.

See also  List Rekomendasi Asuransi Kesehatan Syariah Terpercaya

Untuk beberapa daftar lainnya, ada PT Asuransi Jiwa Indosurya Sukses, PT Equity Life Indonesia, PT MNC Life Assurance, PT Great Eastern Life Indonesia, PT Prudential Life Assurance, PT Hanwha Life Insurance Indonesia, PT Asuransi Cigna, PT Pasaraya Life Insurance, dan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia.

Terakhir, ada PT Heksa Eka Life Insurance, PT Asuransi Jiwa Kresna, PT Indolife Pensiontama, PT Asuransi Simas Jiwa, PT Astra Aviva Life, dan PT Asuransi Jiwa Reliance.

Tentu saja, selain daftar tersebut, masih ada beberapa perusahaan lain yang juga terdaftar di OJK dan bisa menjadi rujukan Anda. Dalam hal ini, untuk memastikan Anda mendapat asuransi yang aman, pastikan mengecek status perusahaan tersebut sebelum bergabung.

Tips Memilih Asuransi Terbaik Menurut OJK

OJK tidak hanya menaungi soal pinjaman uang saja, tapi juga menyangkut asuransi. Berikut adalah tips memilih asuransi yang perlu Anda ketahui setelah mengetahui daftar perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK.

  • Memilih Sesuai Kebutuhan

Setiap asuransi biasanya memiliki produk-produk yang ditawarkan, ada yang hanya khusus untuk kecelakaan kerja, asuransi yang hanya meng-cover beberapa penyakit ringan, dan lain-lain. Dibutuhkan kejelian agar tidak tertipu produk asuransi yang sebenarnya tidak membantu.

Misalkan jika Anda atau keluarga memiliki penyakit kronis atau yang harus kontrol setiap bulannya, maka pilih asuransi yang dapat mencakup penyakit tersebut.

  • Memiliki Jaringan Rumah Sakit yang Luas untuk Asuransi Kesehatan

Apakah Anda tahu bahwa ada beberapa jenis/produk asuransi yang memiliki keterbatasan cakupan rumah sakit? Nah, hal tersebut cukup menyusahkan jika Anda merupakan tipe orang yang kerap berpergian.

Oleh karena itu, sebelum Anda membeli asuransi pastikan dahulu bahwa cakupan rumah sakitnya luas, bahkan bisa sampai luar negeri.

  • Mencari Tahu Ketersediaan Asuransi

Sebelum bergabung ke perusahaan asuransi tertentu, sebaiknya Anda mencari tahu apakah sudah terdaftar di asuransi atau belum, apalagi jika status Anda sebagai karyawan. Biasanya perusahaan memberikan asuransi kepada karyawannya bahkan pada keluarganya.

See also  Ini Adalah 3 Produk Asuransi Kesehatan Terbaik

Asuransi dari perusahaan tidak melulu soal kecelakaan kerja, beberapa termasuk biaya perawatan gigi dan juga coverage biaya melahirkan bagi karyawan perempuan atau istri karyawan. Semakin tinggi jabatannya, asuransi yang diberikan biasanya makin besar.

  • Besaran Biayanya Sesuai

Besaran biaya asuransi berbeda-beda, tergantung dengan jenis produk yang diinginkan. Anda perlu mencari tahu berapa besaran biaya asuransi supaya bisa memperhitungkan apakah perbulannya bisa membayar dengan jumlah tersebut atau tidak.

Anggarkan setidaknya 5 sampai 10 persen dari gaji Anda untuk membayar asuransi dan bayarkan begitu Anda menerima gaji. Dengan begitu, pengeluaran untuk asuransi tidak akan terganggu dengan pengeluaran lainnya.

Itulah beberapa perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK yang bisa dirujuk beserta tips memilihnya. Pastikan Anda mejatuhkan pilihan ke perusahaan yang tepat. Cek juga bagaimana penawarannya, dan seberapa bagus layanan yang diberikan oleh perusahaan.

Selain itu, jika ada hal yang ingin ditanyakan perihal asuransi yang legal atau keluhan seputar asuransi, Anda bisa mengubungi contact center konsumen jasa keuangan yang resmi di 157 atau Anda bisa mengisi form memalui link berikut https://konsumen.ojk.go.id/formpengaduan.