Cara-Daftar-IMEI-HP-dari-Taiwan-Luar-Negeri

Cara Daftar IMEI HP dari Taiwan/Luar Negeri

Mulai  15 September 2020 semua jenis HP yang dibeli dan dibawa dari luar negeri wajib didaftarkan IMEInya sesuai dengan peraturan menteri komunikasi dan Informatika nomor 1 tahun 2020. Cara pendaftaran IMEI HP dari Taiwan/luar negeri ini bisa dilakukan oleh individu karena prosesnya mudah.

Proses pendaftaran IMEI bisa dilakukan maksimal 2 hari sebelum berangkat ke Indonesia. Anda juga bisa mendaftarkan IMEI ini saat baru saja tiba di Indonesia secara gratis. Namun, apabila Anda baru mendaftarkan IMEI beberapa hari setelah sampai di Indonesia, maka akan dikenakan biaya.

Siapkan Persyaratannya

Ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum mendaftarkan, yang antara lain adalah tiket pesawat, nomor IMEI, dan spesifikasi HP. Sebelumnya cek nomor IMEI terlebih dahulu dengan menekan *06# pada panggilan suara hingga muncul notifikasi.

Apabila HP Anda ternyata mempunyai 2 nomor IMEI, maka harus mendaftarkan keduanya. Selanjutnya cek nama HP, tipe, RAM, dan kapasitas memori untuk melengkapi persyaratan pendaftaran nantinya. Cara mengeceknya adalah dengan membuka bagian tentang telepon pada menu pengatiuran.

Isi Data yang Dibutuhkan

Langkah berikutnya yang dilakukan adalah membuka wesbite resmi bea cukai dan melakukan pengisian data diri. Isikan nomor penerbangan, tanggal, dan jam kedatangan sesuai dengan tiket pesawat.

Data berikutnya yang harus diisikan adalah nomor paspor, nama lengkap, kewarganegaraan, NPWP jika ada, dan alamat email. Pada bagian berkutnya isi list data barang mulai dari spesifiaksi HP, merk, tipe, RAM, kapasitas memori, warna, nomor IMEI, dan harga barang dikonversi dalam bentuk rupiah.

Anda perlu mengonversikan harga tersebut ke dalam bentuk rupiah terlebih dahulu karena website bea cukai ini belum menyediaka mata uang NTD. Jika semua data sudah benar, maka Anda bisa langsung klik send.

See also  September 2021, Pemerintah berikan bantuan Kuota Internet GRATIS

Screenshot Barcode yang Diterima

Apabila proses pendaftaran sudah berhasil, maka Anda akan mendapatkan barcode yang harus discreenshot. Tunjukkan barcode tersebut saat Anda sudah sampai di Indonesia sebagai bukti bahwa telah melakukan pendaftaran nomor IMEI.

Jumlah maksimal HP yang bisa Anda bawa dari luar negeri ke Indonesia hanya 2 buah saja. Anda tidak akan dikenakan pajak apabila nilai barang tidak lebih dari 7 juta rupiah. . Cara pendaftaran IMEI HP dari Taiwan/luar negeri ini diperlukan agar tidak mengalami masalah dengan bea cukai.