Cara Bermain Saham yang Mudah Dipelajari Pemula

Cara Bermain Saham yang Mudah Dipelajari Pemula

Saham merupakan suatu investasi yang memiliki jangka waktu panjang. Investasi tersebut bertujuan untuk mendapatkan untung besar. Oleh karena itu, cara bermain saham harus benar-benar dipikirkan secara matang agar tidak mengalami kerugian atas dana yang telah diinvestasikan.

Terlebih lagi bagi Anda yang masih terbilang pemula. Anda harus memiliki teknik khusus agar bisa mendapatkan keuntungan. Segala keputusan tidak boleh diambil secara gegabah agar tidak merugi di masa depan. Berikut adalah beberapa cara bermain saham yang mudah bagi pemula.

Pahami Apa yang Dinamakan Investasi Saham Secara Cermat

Para pemula sangat diharapkan dapat memahami dengan cermat apa yang dinamakan investasi saham. Di antara mereka kebanyakan hanya paham bahwa dengan melakukan investasi saham, seseorang akan mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar.

Padahal, resiko yang dimilikinya pun juga tidak kalah besar. Oleh karena itu, seorang pemilik saham tidak boleh mengabaikan dasar-dasar investasi. Nah, perlu Anda ketahui bahwa dalam bermain saham diperlukan strategi, pengetahuan yang mendalam dan kesabaran.

Dasar-dasar tersebut perlu diterapkan bagi para investor. Dengan demikian, Anda akan meraup untung yang sangat besar.

Gali Informasi Secara Valid

Hal terpenting bagi seorang pemula saat bermain saham adalah menggali informasi secara valid dan sebanyak-banyaknya. Teknologi yang semakin canggih pun akan mampu mempermudah Anda dalam menggali informasi melalui sistem digital.

Jangan hanya terpaku pada informasi dari seseorang saja. Anda sendiri harus mampu dan mau mengakses ke berbagai web yang dapat memberikan informasi terkait saham. Misalnya saja IDX (Bursa Efek Indonesia) atau yang lainnya.

Modal Harus Digunakan Secara Bijak

Modal merupakan salah satu hal yang perlu investor siapkan sebelum beranjak ke permainan saham, baik sebagai investor lama maupun pemula. Hal ini tentu akan menjadi sesuatu yang penting, mengingat bahwa terkadang penanaman saham menggunakan modal minim.

See also  List Aplikasi Saham Terbaik untuk Trading Pasti Cair

Keuntungan yang didapatkan sebenarnya akan berbanding lurus dengan modal yang ditanamkan. Oleh karena itu, Anda harus bijak dalam berinvestasi. Setidaknya lakukan sesuai kemampuan dan gunakan strategi yang matang. Jangan sampai merugi setelah menggelontorkan banyak modal.

Sebaiknya Saham Dibeli Saat Harganya Murah

Cara bermain saham selanjutnya sama halnya dengan konsep Anda ketika hendak membeli barang, yaitu membelinya ketika harganya murah. Nah, bagi seorang pemula pun juga harus menerapkan konsep yang satu ini ketika hendak membeli saham.

Akan tetapi, meskipun saham yang dibeli sangat murah, Anda juga tidak boleh terlalu gegabah dan tanpa berpikir panjang. Perlu Anda ingat bahwa dalam dunia saham, turunnya harga saham terkadang juga menjadi pertanda yang tidak baik.

Hal tersebut perlu Anda waspadai. Oleh karena itu, menggali informasi yang valid sebanyak-banyaknya merupakan hal yang sangat penting agar Anda juga bisa mengatur strategi sebelum melakukan pembelian saham.

Cari Perusahaan Berbenefit Tinggi dan Tergolong Stabil

Saat bermain saham, Anda harus bisa mencari dan memilih perusahaan yang berbenefit tinggi dan tergolong stabil, seperti bank. Perusahaan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat tentu memiliki laba yang stabil, bahkan setiap tahunnya bisa meningkat.

Dengan demikian, saham yang ditanam akan aman. Apabila suatu ketika harga saham mengalami penurunan, pihak perusahaan tentu akan melakukan cara agar bisa bangkit dan menghasilkan keuntungan lagi. Jika pun kemudian merugi, kerugiannya dapat diminimalisir.

Untuk itu, sebelum Anda memilih perusahaan, ketahui dulu seluk beluk perusahaan tersebut. Lakukan riset dan jangan takut meluangkan waktu demi menyeleksi setiap perusahaan karena hal ini akan menentukan masa depan saham Anda.

Jangan Berhenti Memantau Pergerakan Ekonomi

Pergerakan ekonomi baik di dalam negeri maupun luar negeri juga harus dipantau jika Anda tengah bermain saham. Hal ini perlu dilakukan agar Anda mengetahui bagaimana situasi pasar saham di sana. Dengan demikian, Anda bisa memprediksi bagaimana pergerakan saham yang dimiliki.

See also  Keuntungan Trading Saham Harian Ini Wajib Diketahui

Apabila pasar dalam kondisi normal, Anda bisa melakukan investasi. Namun sebaliknya, ketika kondisi pasar tengah memburuk, tahan diri Anda untuk melakukan jual beli saham.

Pilih Saham yang Memiliki Indeks Tepat

Indeks merupakan suatu portofolio yang mengukur bagaimana perubahan harga saham dalam suatu pasar. Jika indeks bergerak naik, tandanya harga saham tengah mahal dan  begitupun sebaliknya.  Khusus para pemula, cara bermain saham yang satu ini sangat perlu diperhatikan.

Sebaiknya Anda memilih saham yang tergabung pada indeks IDX30 atau LQ45. Indeks IDX30 akan mengukur saham dari harga 80 dengan kapitalisasi pasar yang besar dan likuiditas tinggi serta didukung oleh perusahaan terpercaya.

Sedangkan indeks LQ45 akan mengukur saham dari harga 45. Likuiditasnya juga tinggi dan memiliki kapitalisasi pasar yang besar. Indeks tersebut pun didukung oleh perusahaan terpercaya.

Cukup mudah bukan menerapkan semua cara bermain saham tersebut? Meskipun Anda masih terbilang pemula, namun cara-cara bermain saham di atas sangat mudah dipelajari. Jangan pula enggan untuk bertanya dan belajar dari para investor lain agar pengetahuan Anda bertambah.