saham syariah terbaik

Daftar Saham Syariah dan Tips Saat Membelinya

Berminat melakukan investasi namun khawatir dengan status kehalalannya? Lakukan saja investasi tersebut melalui saham syariah. Terjamin aman dan sesuai prinsip syariat. Mau tau apa saja saham-saham syariah tersebut? Berikut akan diulas terkait daftar saham syariah dan tips pembeliannya.

Daftar Saham Syariah

Tentu saja ada banyak sekali daftar efek berbentuk saham yang aturan, ketentuan, dan perusahaannya tidak bertentangan dengan ajaran agama. Daftar tersebut lah yang disebut dengan saham syariah. Sedangkan untuk contohnya tentu saja ada banyak sekali

Di antara daftar nama-nama saham syariah terbaru berdasarkan ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) ini ada AALI (Astra Agro Lestari Tbk), ACES (Ace Hardware Indonesia Tbkk), ACST (Acset Indonusa Tbk), ADES (Akasha Wira International Tbk), dan ADHI (Adhi Karya (Persero) Tbk).

Selain itu, ada juga saham dari perusahaan ADMG (Polychem Indonesia Tbk), ADRO (Adaro Energy Tbk), AGAR (Asia Sejahtera Mina Tbk), AGII (Aneka Gas Industri Tbk), dan AIMS (Akbar Indo Makmur Stimec Tbk). Demikian juga dengan perusahaan, AKKU (Anugerah Kagum Karya Utama Tbk), AKPI (Argha Karya Prima Industry Tbk), dan AKRA (AKR Corporindo Tbk).

Dalam list selanjutnya, ada nama perusahaan AKSI (Maming Enam Sembilan Mineral Tbk), ALKA (Alakasa Industrindo Tbk), AMAN (Makmur Berkah Amanda Tbk), dan AMIN (Ateliers Mecaniques D’Indonesie Tbk). Ada juga perusahaan ANDI (Andira Agro Tbk), ANJT (Austindo Nusantara Jaya Tbk), ANTAM (Aneka Tambang Tbk), dan APII (Arita Prima Indonesia Tbk).

Selanjutnya, ada perusahaan  APLI (Asiaplast Industries Tbk), APLN (Agung Podomoro Land Tbk), ARII (Atlas Resources Tbk), ARMY (Armidian Karyatama Tbk), ARNA (Arwana Citramulia Tbk), ASGR (Astra Graphia Tbk), ASRI (Alam Sutera Realty Tbk) dan, ATAP (Trimitra Prawara Goldland Tbk).

See also  Ternyata Mudah! Begini Cara Beli Saham BCA

Perusahaan seperti AUTO (Astra Otoparts Tbk), AYLS (Agro Yasa Lestari Tbk), BALI (Bali Towerindo Sentra Tbk), BANK (Bank Aladin Syariah Tbk), dan BAPA (Bekasi Asri Pemula Tbk) dalam hal ini juga berstatus sama.

Demikian juga dengan BAPI (Bhakti Agung Propertindo Tbk), BATA (Sepatu Bata Tbk), BAYU (Bayu Buana Tbk), dan BCIP (Bumi Citra Permai Tbk). Pada daftar selanjutnya ada BEBS (Berkah Beton Sadaya Tbk), BELL (Trisula Textile Industries Tbk), dan BESS (Batulicin Nusantara Maritim Tbk).

Terakhir, ada juga saham perusahaan BEST (Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk), BIKA (Binakarya Jaya Abadi Tbk), BIPP (Bhuwanatala Indah Permai Tbk), BIRD (Blue Bird Tbk), dan BISI (BISI International Tbk).

Selain itu, tentu masih banyak daftar saham dari perusahaan lain yang masuk kategori syariah dan recommended. Anda bisa memilihnya sesuai modal yang dimiliki dan tujuan yang ingin dicapai.

Tips Membeli Saham Syariah

Setelah mengetahui berbagai macam daftar saham syariah, tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui bagaimana tips membeli saham. Hal ini sangat perlu Anda terapkan agar saham yang dibeli bisa membawa keuntungan besar. Berikut tips-tipsnya untuk Anda.

  • Buat Rekening Saham Syariah

Sebelum membeli saham syariah, tips pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki rekening syariah terlebih dahulu. Pembuatan rekening tersebut juga tidak sulit.

Anda pun bisa membuat rekening secara online. Rekening tersebut harus Anda miliki agar bisa menyalurkan dana investasi.

  • Lihat Indeks Saham Syariah

Setelah Anda memiliki rekening syariah, langkah selanjutnya adalah menyalurkan dana investasi awal. Akan tetapi bagi Anda calon investor perlu mengetahui dengan cermat saham mana yang hendak dituju.

Sebaiknya Anda juga melihat indeks saham syariah terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Hal ini sebagai upaya agar Anda mengetahui bagaimana naik turunnya harga saham.

  • Periksa Fundamental dan Lakukan Analisis

Tips membeli saham selanjutnya adalah melihat fundamental dan analisis. Cara ini perlu dilakukan agar Anda bisa mengetahui investasi syariah yang baik. Pastikan pula bahwa saham yang hendak Anda pilih memiliki kapitalisasi pasar besar.

See also  Daftar Rekomendasi Aplikasi Saham Syariah Terbaik

Perlu Anda ketahui, kapitalisasi pasar yang besar tidak mudah digoyangka harganya. Dengan demikian, harga saham akan berada di posisi normal.

  • Pahami dengan Benar Terkait Saham Syariah

Tips yang satu ini nampaknya benar-benar harus diterapkan sebelum Anda memilih berinvestasi saham syariah, yaitu memahami betul apa yang dimaksud dengan saham syariah.

Menanam saham tidak hanya terkait dengan keuntungan besar yang didapat. Akan tetapi Anda juga harus siap menerima segala konsekuensinya, termasuk mengalami kerugian.

Selain itu, pemahaman mendalam mengenai saham syariah juga akan membuat Anda lebih mudah dalam mengatur strategi.

  • Pastikan Saham Tidak Menyalahi Syariat

Sebelum memilih suatu saham, Anda perlu memastikan bahwa saham tersebut terpercaya. Maksudnya, saham yang dipilih tercatat aman dan bebas dari yang namanya praktik-praktik diluar ajaran Islam.

Untuk itu, sebelum memilih saham hendaknya ketahui betul seluk beluknya terlebih dahulu. Cari informasi sebanyak-banyaknya baik dari seseorang maupun media digital.

Melihat banyaknya keuntungan yang didapatkan oleh seorang investor, tentu Anda akan merasa tertarik untuk ikut melakukan investasi. Oleh karena itu, daftar saham syariah yang telah disebutkan beserta tips membeli saham di atas semoga bisa memberi manfaat untuk Anda ke depannya.