Mari-Belajar-Investasi-Emas-yang-Baik-untuk-Pemula

Mari Belajar Investasi Emas yang Baik untuk Pemula

Emas sekarang tidak hanya popular sebagai perhiasan, tetapi sudah menjadi trend investasi yang banyak digemari oleh masyarakat karena harga jualnya jarang sekali mengalami penurunan. Anda juga berminat untuk belajar investasi emas? Berikut tips yang bisa Anda terapkan saat investasi emas.

Tentukan Tujuan Investasi Emas

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan berinvestasi emas adalah merencanakan dan menentukan tujuan awal Anda ingin berinvestasi emas. Tujuannya harus jelas, bukan hanya ingin membeli, disimpan dan dijual sewaktu-waktu.

Contoh tujuan yang jelas seperti untuk dana pendidikan anak 10 tahun kedepan, untuk pernikahan, dan lain sebagainya. Dengan tujuan yang jelas, Anda akan lebih semangat dan terarah dalam berinvestasi emas, karena emas sendiri harganya selalu naik, jadi sangat rekomended untuk kebutuhan masa depan.

Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Saat memutuskan berinvestasi, berarti ada kelebihan pada finansial Anda. Jadi setidaknya setiap bulan sudah memiliki surplus atau sisa dari uang belanja. Jangan sampai mengedepankan investasi tetapi kebutuhan sehari-hari terbengkalai.

Paling tidak Anda harus sudah memiliki cadangan dana darurat sebelum berinvestasi. Setidaknya ada tabungan sampai 6-12 bulan ke depan karena emas adalah investasi jangka panjang. Jadi jika Anda ingin belajar investasi emas, sebaiknya harus memiliki tabungan yang cukup dulu.

Pantau Perkembangan Harga Emas

Harga emas biasanya selalu diupdate pada platform digital penyedia investasi emas. Anda bisa memantau di sana jika ingin membeli emas untuk investasi. Emas sendiri harganya sangat fluktuatif sehingga harus sering update informasi.

Usahakan membeli emas saat harga belinya sedang menurun dan saat menjualnya, tunggu harga emas naik. Jangan sampai terbalik atau Anda akan mengalami kerugian. Pemantauan harga emas ini harus benar-benar dilakukan berkala karena jika salah memilih waktu penjualan saat harga sedang jatuh, Anda akan rugi.

See also  Pilih Investasi Tanah atau Emas? Ini Perbandingannya

Perhatikan Waktu Investasi Emas yang Tepat

Berhubung dengan perkembangan harga emas, pemantauan harga emas ini juga untuk menentukan waktu terbaik untuk membeli dan menjual emas agar mendapatkan untung besar. Anda juga harus memperhatikan waktu penyimpanan, sebaiknya dalam jangka waktu menengah dan panjang (±5 tahun).

Tentukan Tempat Pembelian Emas Terpercaya

Banyak sekali perusahaan yang menawarkan berbagai kemudahan dalam berinvestasi atau membeli emas kepada Anda. Tetapi harus teliti terlebih dahulu sebelum memilih. Pastikan membeli pada lembaga atau brand yang sudah diakui secara resmi oleh pemerintah, dibuktikan dengan adanya sertifikat asli.

Jangan tergiur pada website atau perusahaan yang menawarkan keuntungan yang menggiurkan, bisa jadi hal tersebut adalah penipuan. Apalagi jika keuntungan yang diberikan datang dalam waktu singkat saat menjual emas.

Tempat pembelian emas terpercaya bisa di pegadaian, outlet Antam, atau juga dapat membelinya di bank yang sudah diakui oleh OJK. Jika terpaksa membeli online lewat aplikasi, pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di Bappebti untuk melindungi kegiatan transaksi yang Anda lakukan.

Pilih Jenis Emas yang Sesuai

Untuk Anda yang masih baru memulai berinvestasi emas, sebaiknya berinvestasi dalam bentuk logam mulia, tidak dalam bentuk perhiasan. Investasi logam mulia lebih menguntungkan dan lebih mudah disimpan untuk masa depan dibanding dalam bentuk perhiasan.

Harga jual emas dalam bentuk logam mulia juga cenderung lebih tinggi dan leih stabil, jarang mengalami penurunan. Sedangkan emas dalam bentuk perhiasan biasanya harga jual lebih rendah karena dipengaruhi komponen biaya pembuatan, jumlah karat, nilai seni, dan lain sebagainya.

Pilih Tempat Penyimpanan yang Aman

Kesalahan yang sering terjadi adalah ceroboh dan lupa saat menyimpan emas padahal emas tersebut sudah disimpan selama bertahun-tahun. Penyimpanan emas sebaiknya dimasukkan ke dalam brankas khusus atau bisa juga disimpan di Deposito box (SDB).

See also  Rekomendasi Investasi Untuk Mahasiswa Ini Sangat Prospek

SDB merupakan layanan penyimpanan barang berharga yang biasanya disediakan oleh pihak bank. Juga ada layanan penyimpanan brankas pada PT Antam yang memberikan pelayanan keamanan terpadu selama 24 jam, atau juga bisa mempercayakannya di pegadaian tanpa ada biaya penitipan.

Fokus Masa Depan

Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi jangka menengah sampai jangka panjang, sehingga jika Anda tidak fokus pada masa depan, sebelum mendapat harga yang bagus, Anda sudah buru-buru menjualnya.

Akan lebih baik jika penyimpanan jangka panjangnya sampai dengan 10-15 tahun mendatang sehingga Anda akan mendapat keuntungan yang besar. Fokus dengan tujuan awal berinvestasi emas, sebelum tujuan itu tercapai jangan sekali-kali berfikir untuk menjualnya.

Investasi Emas di Pegadaian

Jika Anda takut tidak bisa menyimpan emas sendiri, investasi emas di lembaga terpercaya juga tidak menjadi masalah. Contohnya saja di pegadaian, Anda tidak perlu membayar biaya penyimpanan jika berinvestasi emas di sini.

Beberapa model investasi emas yang ditawarkan oleh pegadaian yaitu menabung emas (mirip menabung di bank), Emasku (investasi emas dengan cara angsuran sekaligus mendapatkan perlindungan asuransi jiwa), dan Konsinyasi Emas ( layanan titip jual emas batangan).

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika ingin belajar investasi emas. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, simpanan dan investasi emas Anda akan lebih aman dan mendapatkan banyak keuntungan di masa depan nantinya.