Pengertian Domain, Cara Kerja, dan Contohnya

Pengertian Domain, Cara Kerja, dan Contohnya

Ketika sedang merancang website, Anda harus memperhatikan banyak hal, salah satunya dalah domain. Domain sendiri memiliki peranan penting dalam sebuah website. Jika Anda penasaran mengenai pengertian domain dan contohnya, simak dalam penjelasa berikut.

Apa Itu Domain?

Domain merupakan nama alamat yang ditujukan untuk mengidentifikasi suatu server dari komputer. Contohnya seperti web server, email server, dan internet. Jadi domain ini mempermudah pengguna dalam melakukan akses ke server yang diinginkan dan mengingat alamatnya.

Cara Kerja Domain

Domain merupakan cara akses yang lebih mudah daripada mengisikan IP address yang panjang dan sulit dihafal. Nah biasanya terdapat alamat url dan domain merupakan kesatuan dari url tersebut. Fungsinya adalah sebagai alamat suatu web.

Contohnya saja www.Google.com, www. merupakan sub domain, lalu Google merupakan nama website. Kemudian, yang terakhir adalah .com yang merupakan domain. Domain sendiri kalau diartikan secara harfiah adalah daerah, wilayah, atau kawasan dalam dunia internet.

Tipe/ Jenis Domain

  • TLD

Pertama ada TLD atau Top Level Domain. Biasanya nama domain ini paling sering digunakan dan mudah diingat. Domain ini juga tidak merujuk pada organisasi tertentu sehingga sangat netral.

  • ccTLD

Jenis selanjutnya ada Country Code Top Level Domain (ccTLD) yang memberi gambaran kode Negara tertentu. Penggunaan dari ccTLD mengindikasikan jika situs tersebut berada atau milik dari Negara tertentu. Bisa juga menargetkan pengunjung dari Negara tertentu dalam pemasaran atau bisnisnya.

  • gTLD

Selanjutnya ada gTLD atau generic Top Level Domain yang digunakan oleh organisasi atau bidang tertentu. Bisa saja organisasi yang bergerak di bidang pendidikan atau yang lain. Tetapi sekarang situs ini sudah umum digunakan.

  • SLD

Jenis domain selanjutnya adalah Second Level Domain (SLD) merupakan alamat domain yang lebih khusus atau lebih rinci dari suatu usaha.

  • Subdomain
See also  Cara Terjemah Bahasa Mandarin–Indonesia Tanpa Ketik Pakai Google Translate [REVIEW]

Jenis yang terakhir yaitu Subdomain yang berupa domain tambahan. Domain ini sering digunakan oleh situs-situs besar. Dengan memiliki sub tambahan atau subdomain ini berarti situs tersebut memiliki cabang atau divisi yang lebih dari satu.

Contoh Nama Domain

Untuk contoh pertama yaitu TLD biasanya website tersebut menggunakan .com, .net, .org, dan masih banyak lagi yang bersifat bebas dan bisa dipakai perseorangan atau organisasi. Kemudian, untuk contoh selanjutnya dari ccTLD yaitu .id untuk Negara Indonesia, .kr untuk Korea Selatan, dan lain sebagainya.

Untuk jenis gTLD, berupa situs bidang tertentu contohnya adalah .mil untuk militer, .gov untuk pemerintahan, dan masih banyak lagi. Selanjutnya, ada SLD yang memberikan alamat lebih rinci contohnya .co.id, ac.us, .co.uk, dan lain sebagainya.

Terakhir yaitu subdomain, contohnya lebih spesifik dan sangat khas seperti support.google.com, blogger.com, wordpress.com, dan masih banyak lagi. Jika Anda membuat website menggunakan salah satu dari jenis domain yang telah disebutkan, belakang nama website akan ada subdomain tersebut.

Cara Memilih Domain

Setelah mengetahui pengertian domain dan contohnya, Anda bisa mempunyai gambaran akan memilih domain mana yang digunakan pada akhir nama website. Sebelum memilih, Anda juga harus mempertimbangkan ketersediaan domain tersebut. Jika sudah, pilih juga nama situs yang sesuai dengan isi website Anda.

Selanjutnya gunakan domain yang populer sehingga gampang diingat. Jangan lupa untuk memperhatikan panjang pendeknya nama website jika telah digabung dengan domain. Selain itu, hal yang tak kalah penting lainnya yaitu memilih provider domain yang terpercaya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian domain dan contohnya. Jika Anda ingin membuat website, domain merupakan salah satu item yang harus diperhatikan, karena akan mempengaruhi jumlah akses dan kefektifan website Anda nantinya.

See also  Cara Membuat Google Form dan Memeriksa Hasilnya