Pengertian VPS Hosting, Fungsi, dan Kelebihannya

Pengertian VPS Hosting, Fungsi, dan Kelebihannya

Virtual Private Server merupakan layanan hosting yang banyak digunakan oleh mayoritas pemilik website. VPS dianggap hosting yang stabil untuk menjaga performa website saat banyak pengunjung. Ingin mengetahui apa itu VPS hosting secara lebih lanjut? Simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu VPS Hosting?

Pengertian dari Virtual Private Server sendiri adalah sebuah teknologi yang digunakan oleh satu pengguna saja untuk meng-online-kan website. Pengguna website bisa mengubah setting konfigurasi server yang digunakan sesuai dengan kebutuhan.

VPS banyak dipilih sebagai hosting oleh mayoritas pengguna website karena dianggap mempunyai kualitas jaringan yang baik. Di samping itu, kualitas yang disediakan oleh VPS sendiri terbilang lebih stabil jika dibandingkan dengan hosting lainnya.

Semua resource yang ada pada VPS ini hanya dapat digunakan oleh satu pengguna saja, sehingga tidak akan saling berpengaruh. Pada umumnya, VPS ini digunakan untuk hosting website yang mempunyai traffic menengah hingga tinggi.

Fungsi VPS Hosting

Ada beberapa fungsi VPS yang perlu diketahui, salah satunya adalah sebagai server website atau hosting. Website dengan traffic menengah hingga tinggi memerlukan VPS karena spesifikasi hardware dan resourcenya lebih mumpungi.

Fungsi VPS selanjutnya adalah sebagai file hosting yang berguna untuk menyimpan data pribadi agar bisa diakses secara online. penyimpanan file online ini bisa Anda gunakan sepenuhnya tanpa harus khawatir adanya pengaruh dari pelanggan VPS lainnya.

Satu lagi Fungsi VPS adalah sebagai server cadangan yang dimanfaatkan oleh pengelola website untuk menghindari adanya potensi kehilangan data. VPS ini dibutuhkan karena saat ini banyak sekali terjadi aktivitas hacking atau bahkan kesalahan pemilik website sendiri saat mengatur konfigurasi.

Cara Kerja VPS Hosting

VPS hosting mempunyai sifat privat, sehingga pihak yang mempunyai kendali penuh adalah Anda selaku pemilik website. Hosting ini terpisah dengan server user lainnya yang ada pada level OS, sehingga aktivitas antar user tidak akan saling berpengaruh.

See also  Ini Penyedia Cloud Hosting Indonesia yang Recommended

Layanan VPS bersifat virtual yang membagi server ke partisi, sehingga user bebas menginstal software dan OS. File website selanjutnya akan disimpan dengan aman dan dicadangkan, sehingga datanya bisa diakses kembali saat terkoneksi dengan internet.

Website yang Anda miliki akan menjadi platform aman karena tidak perlu berbagi dengan user lain. Di samping itu, pemilik website akan memiliki akses root level mumpuni dengan harga sewa VPS yang terjangkau.

Kelebihan VPS Hosting

Kelebihan VPS sebagai hosting adalah membuat proses membuka web oleh pengunjung bisa lebih cepat. Di samping itu, pemilik website mempunyai jaminan resource server yang akan membuat kinerjanya tetap stabil.

VPS juga bisa diandalkan karena traffic atau permasalahan yang terjadi pada website lain tidak akan mempengaruhi situs Anda. Kelebihan lainnya adalah privasi data website lebih terjamin karena setiap user mempunyai tempat penyimpanan file masing-masing yang tersembunyi.

Keunggulan yang terakhir adalah Anda bisa mengupdate layanan dari VPS ini dengan sangat mudah. Scale up layanan VPS tersebut bisa dilakukan saat website sudah berkembang dan trafficnya mengalami kenaikan.

Kapan Harus Menggunakan dan Upgrade VPS Hosting?

Pada saat website Anda sudah berkembang dan melampaui batas resource share hosting, maka sudah sepatutnya Anda beralih menggunakan VPS. Di sisi lain, apabila Anda ,sengaja membangun website dengan tujuan bisnis online, maka disarankan untuk menggunakan vps sejak awal.

Layanan VPS hosting pada saat traffic web menunjukkan peningkatan, sehingga Anda membutuhkan layanan yang lebih Andal lagi. Virtual private server ini patut dipilih karena menyediakan fitur keamanan mumpuni dan mengurangi resiko kebocoran data.