Pengertian-Web-Hosting,-Jenis,-dan-Fungsinya

Pengertian Web Hosting, Jenis, dan Fungsinya

Perihal dunia web memang membingungkan, apalagi jika Anda masih pemula. Banyak istilah yang terdengar asing dan tidak bisa dipahami. Namun, jika Anda ingin terjun ke dunia website, istilah asing ini harus dimengerti, termasuk pengertian web hosting dan apa saja fungsinya.

Web hosting adalah komponen penting yang harus Anda miliki jika ingin menghidupkan sebuah website. Berikut ulasan lengkap mengenai apa itu web hosting dan kegunaannya. Jika Anda ingin menjadi penyedia web yang handal, dasar web hosting seperti berikut ini perlu Anda ketahui.

Pengertian Web Hosting

Pengertian dari hosting secara sederhana adalah layanan  yang menyimpan data, file, atau gambar pada suatu website. Dengan begitu, pengguna layanan hosting bisa mempublikasikan situs web atau aplikasi web di internet.

Jika ditanya apakah pemakaian hosting ini penting, maka jawabannya adalah ya. Adanya hosting membuat website Anda bisa berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Hal ini karena pada dasarnya Anda akan menyewa ruang server yang berperan untuk menyimpan data yang Anda miliki.

Sering kali orang menyamakan antara hosting dan domain, padahal keduanya jelas berbeda. Jika pengertian hosting seperti yang tertera di atas, berbeda dengan pengertian domain yang merupakan alamat website supaya mudah ditemukan oleh orang lain. Contohnya seperti .id, .com, dan lain-lain.

Jenis Web Hosting

Banyak web hosting yang menyediakan hosting dengan berbagai variasi dan biaya. Harga dan variasi ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan situs web Anda. Berikut adalah jenis-jenis hosting yang paling cocok untuk mendukung situs web Anda.

  • Sharing

Pengertian dari sharing adalah saat penyedia layanan hosting web menghosting beberapa situs web yang berbeda, dalam satu server yang sama. Secara harga, ini adalah jenis yang paling terjangkau karena Anda berbagi server dengan lainnya yang artinya membagi tanggungan biayanya juga.

See also  Daftar Web Hosting Gratis Berikut Bisa Dimanfaatkan

Banyak pemilik online shop anyar atau blogger yang memilih jenis ini. Meski di masa lalu sharing hosting menyebabkan berbagai masalah, tapi kini hosting web terbaru mampu menyediakan layanan yang baik.

  • VPS

VPS atau Virtual Private Server sebenarnya tidak jauh berbeda dengan web hosting sharing. Pengertian web hosting VPS adalah beberapa situs web berbagi satu server. Namun yang membedakan adalah setiap penyewa memiliki partisi sendiri dan terjamin.

Pemakai yang menggunakan VPS adalah mereka yang sudah berpengalaman atau terbiasa dalam ketrampilan manajemen server. Kelebihan lain dari hosting VPS adalah pelanggan memiliki akses root pada partisi sehingga bisa mengonfigurasi perangkat lunak server.

  • Dedicated atau Hosting Khusus

Tidak ingin berbagi server dengan pemilik website lainnya? Coba cari layanan dedicated hosting yang bisa Anda percaya. Server web fisik yang disewa akan ditempatkan di fasilitas penyedia layanan Anda, selain itu Anda juga memiliki dukungan dan keahlian profesional dalam meningkatkan web.

Ini adalah hosting kelas atas yang biasanya digunakan oleh perusahaan besar. Usaha kelas kecil hingga menengah tidak perlu menghabiskan biaya besar untuk menyewa server web khusus untuk bisnis.

Fungsi Web Hosting

Fungsi dari web hosting sangat beragam. Tidak heran jika banyak pelaku bisnis yang mulai sadar betapa menariknya marketing digital kini juga menggunakan web hosting. Bukan hanya menjalankan website jadi lebih baik, berikut fungsi lain yang perlu Anda ketahui.

  • Panel Kendali

Anda bisa mengelola akun hosting web dengan hotspot control panel. Hal ini berguna jika Anda ingin menambahkan domain, membuat alamat email baru, mengatur data, dan beberapa kelebihan lain. Dengan begitu, website Anda akan tumbuh menjadi lebih profesional.

  • Menambahkan Aplikasi

Gunakan jasa web hosting yang terpercaya dan bisa membantu Anda menambahkan aplikasi. Pada umumnya, jasa web hosting akan memberikan penawaran berupa blog, CMS populer, dan lain-lain.

See also  Ternyata Ini Beberapa Penyedia Hosting Murah Indonesia

Produk yang ditawarkan biasanya dalam bentuk paket yang harganya tergantung dengan isi aplikasinya. Dengan begitu, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

  • Menjaga Data dan File

Fungsi web hosting yang jelas dan utama adalah mencari security bagi file, data, atau gambar penting. Beberapa penyedia web hosting bahkan memiliki fasilitas server di gedung tertinggi sehingga keamanan data Anda dan pengguna lainnya terjamin keamanannya.

  • Pengembang Situs Jual Beli

Ada banyak perusahaan e-commerce yang berani bayar mahal menggunakan web hosting karena bisa mengembangkan situs jual beli dan supaya website selalu online.

Hosting membuat informasi yang tercantum bisa terbaca oleh mesin pencarian dan masuk dalam halaman nomor satu. Dengan begitu, calon peminat bisa mengunjungi situs jual beli Anda.

  • Melindungi Website

Bukan hanya manusia yang bisa diserang virus, website Anda pun bisa. Salah satu fungsi web hosting adalah melindungi website dari serangan malware, virus, bahkan mengindikasi jika adanya spam atau DDOS.

Itulah tadi pengertian website hosting, fungsi, dan jenisnya yang penting untuk Anda ketahui. Hal yang telah disebutkan di atas adalah yang paling mendasar untuk dipahami. Setelahnya, Anda bisa mempertimbangkan apakah butuh jasa hoster atau tidak.