Pilih-Investasi-Tanah-atau-Emas-Ini-Perbandingannya

Pilih Investasi Tanah atau Emas? Ini Perbandingannya

Sekarang banyak masyarakat yang tertarik untuk berinvestasi. Segala jenis pilihan investasi juga hadir menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan investor. Di antaranya adalah investasi tanah dan emas yang sangat populer. Lalu, jika diminta pilih investasi tanah atau emas, mau pilih yang mana?

Jika sudah diminta memilih, pasti yang difikirkan terlebih dahulu adalah keuntungan. Jika ingin harga jual yang tinggi mungkin akan memilih investasi tanah, tetapi jika ingin penjualan cepat akan memilih emas. Lalu, apa saja perbandiangn investasi tanah dan emas lainnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Investasi Tanah

Investasi tanah merupakan investasi legend yang sudah dilakukan dari zaman dahulu. Banyak orang yang sudah berkecukupan memeilih berimvestasi tanah dengan cara membeli tanah-tanah di tempat yang strategis atau potensial untuk digunakan usaha sehingga nanti harganya akan semakin bagus.

Kelebihan Investasi Tanah

Banyak kelebihan dari investasi tanah ini. Salah satunya adalah harganya selalu akan naik seiring dengan perkembangan waktu karena kebutuhan akan lahan selalu meningkat.

Peningkatan harga tersebut karena populasi masyarakat yang semakin tinggi tetapi tidak seimbang dengan jumlah lahan saat ini. Dengan berinvestasi tanah, Anda tidak perlu repot untuk melakukan perawatan.

Tingkat risiko juga hamper 0% karena  risikonya dikunci oleh harga tanah itu sendiri sehingga saat dijual harganya tidak akan tergerus seperti motor atau mobil.

Saat ini pun sudah banyak tanah yang memang dapat digunakan sebagai jaminan di bank jika sewaktu-waktu membutuhkan dana mendadak. Bahkan, tidak hanya jaminan untuk perbankan saja, tetapi juga untuk perorangan sudah banyak yang menerima tanah sebagai bentuk jaminan.

Kekurangan Investasi Tanah

Selain kelebihan-kelebihan tersebut, terdapat beberapa kekurangan dari investasi tanah, seperti modal yang lumayan besar. Semakin strategis letak tanah tersebut maka biaya yang harus dikeluarkan juga semakin besar. Tidak seperti investasi lain yang ada di kisaran jutaan saja sudah bisa.

See also  Begini Cara Investasi Emas Batangan di Taiwan

Sifatnya yang kurang likuid membuat investasi tanah kurang diminati. Maksud likuid disini adalah jika Anda membutuhkan dana cepat, ketika ingin menjual tanah akan lebih lama lakunya dibanding dengan investasi lain yang bisa langsung terjual.

Saat transaksi juga terdapat biaya tambahan seperti biaya adminsitrasi, pajak, dan lain sebagainya. Jika Anda menggunakan jasa agen, juga terdapat biaya tambahan lagi untuk membayar fee jasa agen tersebut.

Investasi Emas

Investasi emas merupakan instrumen investasi yang sekarang banyak digandrungi oleh masyarakat, mulai dari kalangan menengah sampai atas gemar berinvestasi emas. Investais ini juga disarankan untuk pemula yang baru belajar berinvestasi. Emas dipilih karena harganya yang cenderung stabil.

Kelebihan Investasi Emas

Emas merupakan salah satu bentuk investasi yang harganya tidak akan tergerus inflamasi. Meskipun pernah turun sesekali, tetapi harganya tidak pernah sampai jatuh. Nilai dari emas sendiri cenderung lebih stabil daripada uang.

Para pemula disarankan untuk berinvestasi emas karena cara investasinya yang tergolong lebih mudah dan aman. Salah satu alasan kenapa banyak yang memilih berinvestasi emas adalah mudah dicairkan setiap saat. Hal ini karena Anda bisa langsung menjual emas yang Anda punya atau menggadaikannya.

Selain kemudahan dalam menjual kembali, nilai tukar emas juga hamper sama di seluruh dunia. Jika Anda berinvestasi menggunakan uang, nilainya cenderung fluktuatif. Ini berbeda dengan emas yang standarnya di setiap Negara hampir sama, sehingga Anda tidak akan merasa rugi.

Kekurangan Investasi Emas

Jika ingin berinvestasi emas, harus lebih banyak bersabar karena untuk menunggu kenaikan harganya sangat lambat, apalagi dalam kondisi ekonomi yang stabil. Selain itu, untuk mrasakan hasil investasinya, memang harus menunggu dalam jangka waktu panjang (sekitar 5 tahunan).

See also  Pahami Dulu! Ini Risiko Investasi Jangka Panjang

Jika Anda tidak berhati-hati dalam menyimpan emas, barang ini akan rentan dicuri. Apalagi jika Anda membawanya kemana-mana sebagai perhiasan, maka akan semakin berbahaya. Penyimpanan ketat menjadi satu-satunya solusi untuk masalah ini.

Perbandingan Investasi Tanah dan Emas

Berdasarkan kelebihan dan kekurangannya, untuk memutuskan pilih investasi tanah atau emas memang agak sulit karena keduanya memiliki beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Seperti jika tanah harganya akan selalu naik setiap tahunnya, sedangkan kenaikan harga emas membutuhkan waktu lama.

Kemudian, jika tanah membutuhkan dana besar untuk berinvestasi, emas tidak butuh dana besar karena tergantung gram dan karatnya. Selanjutnya, jika tanah sulit untuk langsung dijual saat membutuhkan dana, emas sebaliknya, justru sangat mudah dijual baik di took emas, bank, maupun digadaikan.

Perbedaan lainnya yaitu emas membutuhkan perawatan dan keamanan ekstra, sedangkan tanah hampir tidak memerlukan perawatan untuk pengelolaannya. Terakhir, emas lebih mudah dijadikan investasi, sedangkan tanah lebih susah karena harus mengurus dokumen-dokumen kependudukan.

Itulah beberapa perbandingan yang dapat Anda pertimbangan jika bingung mau pilih investasi tanah atau emas. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda tinggal menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Sesuaikan juga dengan modal dan tujuan investasi.