Pilihan investasi-Jangka-Pendek

Pilihan investasi Jangka Pendek Modal Kecil yang Bagus

Investasi jangka pendek menjadi pilihan yang tepat dipilih jika Anda ingin merasakan keuntungan dalam kurun waktu singkat atau berkisar antara satu sampai lima tahun. Cukup menggiurkan memang mengingat adanya investasi jangka pendek modal kecil pilihannya juga beragam.

Namun sebagai pemula, tetap perlu hati-hati dan mencari jenis investasi yang paling sesuai dengan Anda. Berikut adalah beberapa pilihan investasi untuk Anda yang bisa dicoba.

P2P

P2P atau peer to peer adalah kegiatan yang menemukan pemilik modal dengan peminjam. Istilah mudahnya, Anda akan menjadi bankir yang meminjamkan sejumlah uang kepada orang lain dengan sistem bunga. Nah, keuntungan yang Anda dapatkan ini berasal dari bunga pinjaman tadi.

Anda tidak harus melakukan peer to peer ini secara langsung. Sebab kini banyak platform yang bisa menjadi jembatan antara Anda sebagai pemilik modal dengan peminjam. Peer to peer bisa menjadi investasi menggiurkan, tapi perlu ingat bahwa bunga yang dibayarkan harus sesuai dengan ketentuan.

Real Estate

Bukan rahasia lagi bahwa dunia real estate memang terkenal memberikan banyak keuntungan bagi mereka yang menggelutinya. Bahkan, berbagai aktivitas di dunia tersebut bisa dijadikan investasi. Bagi Anda yang memiliki modal cukup pun sangat disarankan untuk ikut berinvestasi di sana.

Tenang, investasi real estate pun bisa dilakukan dalam jangka pendek. Investasi jangka pendek menggunakan real estate, disebut juga dengan flipping. Ini berbeda dengan investasi tanah yang harus menunggu bertahun-tahun untuk meningkatkan harganya.

Caranya sederhana jika ingin berinvestasi real estate. Ini bisa dimulai dengan membeli sebuah rumah dengan harga rendah, kemudian Anda bisa merenovasinya menjadi lebih baik, dan menjual dengan harga tinggi.

Apalagi jika bangunan tersebut memiliki lokasi yang strategis, pasti tidak sulit untuk menjualnya kembali. Memang sedikit rumit karena membutuhkan renovasi dan biaya awal yang ‘lumayan’, tapi dalam kurun waktu singkat, bisa dapat keuntungan yang lumayan.

See also  Rekomendasi Investasi Untuk Mahasiswa Ini Sangat Prospek

Jika dirasa terlalu sayang, Anda bisa mengubahnya jadi investasi jangka panjang dengan menyewakan per tahun atau per bulan kepada orang yang membutuhkan hunian. Ini juga sama menguntungkannya, dan semakin lama harga produk tersebut pun juga akan semakin meningkat.

Binary Option

Saat ini memang sedang hype saham di mana semua orang berlomba-lomba mencari keuntungan dengan saham. Namun, umumnya saham digunakan dalam investasi jangka panjang. Dalam hal ini saham yang merupakan jenis investasi jangka panjang, berbeda dengan binary option.

Binary option adalah produk keuangan di mana pembeli akan menerima payout atau kehilangan atas investasi. Selain itu, binary option memiliki masa kadaluwarsa. Karenanya, ini masuk dalam jenis investasi jangka pendek karena harus segera dicairkan.

Cukup rumit memang, tapi jika melakukan investasi di waktu yang tepat, kenaikan untung bisa mencapai 94% dalam beberapa hari. Walau begitu, Anda harus bersiap kehilangan seluruh investasi jangka pendek dengan modal kecil ini karena cukup berisiko.

Jadi, sebelumnya Anda perlu mempelajari seputar investasi ini dengan baik dan sedetail mungkin. Ini dilakukan untuk meminimalisir resiko kerugian yang bisa terjadi kapan pun. Selain itu, saat masih belajar, jangan langsung menginvestasikan dana dalam jumlah besar, karena resikonya akan kian besar.

Deposito

Anda baru saja mendapat uang dalam jumlah lumayan dan ingin membuat untung dari sana? Bagaimana dengan mencoba investasi deposito? Saat ini, banyak bank yang menawarkan program deposito dengan bunga tabungan yang menggiurkan.

Sayangnya, kekurangan dari deposito ini adalah Anda tidak bisa melakukan pencairan dana kapan pun Anda membutuhkannya. Sebab, ada yang namanya tanggal jatuh tempo. Jadi, jika Anda berminat dengan deposito, sebaiknya sudah memiliki dana darurat tersendiri.

See also  Pilih Investasi Tanah atau Emas? Ini Perbandingannya

Melunasi Hutang

Anda pasti terkejut, tapi benar, jika melunasi hutang-hutang dengan baik, bisa menjadi investasi yang menarik. Bayangkan saja, Anda sudah berusaha investasi di sana-sini, tapi hutang pun terus menumpuk, pasti keuntungan investasi jadi tidak terasa.

Tujuan Anda merasakan keuntungan akan dikalahkan dengan kewajiban membayar tagihan pelajar, kartu kredit, dan pinjaman lainnya. Untuk itu, berusaha berfokus dengan melunasi hutang supaya keuntungan investasi Anda bisa dirasakan.

Jika seluruh hutang sudah terlunasi dan tidak lagi ada bunga yang berkembang dan harus dibayarkan tiap bulan, Anda bisa segera memulai jenis investasi lain yang hasilnya pun akan lebih nyata. Pada intinya, segera lunasi dulu tagihan dan hutang yang menjadi beban finansial Anda.

Itulah beberapa rekomendasi investasi jangka pendek modal kecil untuk Anda. Tidak ada salahnya mencoba dengan biaya kecil, apalagi Anda masih pemula.

Namun, cari tahu lebih dulu risiko mengenai jenis investasi yang dipilih, sebab sejatinya tidak ada yang benar-benar 0 risiko. Bahkan, ada beberapa yang risikonya justru cukup besar, dan Anda harus pintar-pintar meminimalisir kemungkinan risiko tersebut dari awal, sehingga bisa lebih aman.