Ternyata-Mudah-Begini-Cara-Beli-Saham-BCA

Ternyata Mudah! Begini Cara Beli Saham BCA

Saat ini minat investasi sangatlah tinggi. Perusahaan menangkap peluang ini dengan memberikan banyak kemudahan kepada calon investor untuk membeli saham mereka, contohnya BCA. Cara beli saham BCA tergolong mudah dan praktis.

BCA memberikan kemudahan dalam pembelian saham dengan melalui software atau aplikasi sekuritas yang aman dan sudah terdaftar di OJK. Tetapi jika Anda ingin melakukannya di kantor sekuritas Bank, BCA juga melayaninya. Simak langkah-langkah pembelian saham di BCA berikut ini.

Mengenal Seputar BCA Sekuritas

Sebelum Anda melakukan pembelian saham, Anda harus tahu terlebih dahulu fasilitas BCA Sekuritas. BCA Sekuritas sendiri merupakan perusahaan resmi yang menangani investasi di bawah BCA group. Perusahaan ini menawarkan layanan investasi terutama untuk pasar modal.

Layanan tersebut antara lain adalah pasar saham (melayani transaksi saham di pasar primer maupun pasar sekunder) dan pasar obligasi (oenyusunan struktru, penerbitan, juga distribusi obligasi). Kemudian, ada corporate finance (memandu jalannya proses IPOs termasuk obligasi) dan brokerage.

Brokerage sendiri merupakan layanan penting bagi investor yang ingin membeli saham karena fungsinya untuk memastikan nasabah bertransaksi dengan harga kompetitif. Dengan fungsi ini, BCA Sekuritas memberikan professional yang akan membantu dalam trading maupun transaksi langsung.

Membeli Saham BCA Secara Online

  • Membuka Akun Saham

Cara ini bisa Anda gunakan jika melakukan pembelian Saham online. Pertama dengan memiliki akun sekuritas terlebih dahulu. Download aplikasinya terlebih dahulu, kemudian isikan data diri pada aplikasi. Anda nanti akan diminta swafoto dan foto identitas diri seperti KTP. Tunggu sampai verifikasi selesai.

  • Deposit Dana RDN

Setelah memiliki akun dan sudah diverifikasi, Anda akan memperoleh akun RDN (Rekening Dana Nasabah) yang akan menampung dana investasi Anda. Setelah mendapatkan RDN, Anda bisa langsung transfer sejumlah dana ke rekening RDN ini yang akan digunakan sebagai deposit pembelian saham.

  • Pilih BBCA
See also  Begini Cara Beli Saham Apple Secara CFDs

Jika Anda sudah memasukkan sejumlah dana ke RDN, bisa langsung berpindah ke aplikasi sekuritas kembali dan pilih produk saham. Di Aplikasi akan tertera kotak untuk mencari kode emiten. Untuk membeli sahamnya masukkan kode “BBCA” di kotak pencarian.

Setelah menemukan BBCA, Aplikasi akan secara otomatis menunjukkan data emitten BBCA. Informasi yang tertera pada layar biasanya adalah posisi harga saham dan informasi terkait seperti grafik, dan perolehan Anda per satuan waktu.

  • Analisa Grafik Saham BCA Sebelum Memutuskan Membeli

Setelah ditampilkan posisi harga saham dan informasi lainnya, Anda harus menganalisa grafik tersebut sebelum memutuskan untuk membeli. Anda bisa menganalisanya dengan teknik khusus untuk mendapatkan profit yang maksimal.

Jadi sebelum membeli saham, pastikan harga terbaik yang akan Anda beli berdasarkan analisa grafik yang telah Anda lakukan. Kalau bisa, pilih saham saat harganya turun, dan Anda bisa menjualnya ketika harganya naik.

  • Memasukkan Jumlah Lot yang Akan Dibeli

Langkah selanjutnya dari cara beli saham BCA yaitu dengan memasukkan jumlah lot saham yang akan Anda beli. 1 lot berisi 100 lembar saham. Sebagai contoh, jika harga saham BCA Rp33.825 per lembar, maka untuk membeli 1 lot saham Anda harus menyiapkan dana Rp3.382.500.

Dalam hal menyiapkan dana, harus dilebihkan untuk membayar PPH. Jika Anda masih pemula dan takut salah beli, Anda bisa membeli pada bagian penawaran terbaik (best offer). Jika Anda membeli pada harga yang lebih rendah, biasanya akan antri dahulu untuk mendapatkan saham BCA tersebut.

Membeli Saham BCA Lewat Bibit

Jika Anda ingin membeli saham dalam jumlah sedikit, bisa menggunakan bantuan perusahaan investasi seperti Bibit dengan produk reksadana. Caranya tinggal pilih berbagai produk reksadana saham, kemudian pilih saham BCA yang sesuai dengan keinginan, lalu lanjut ke metode pembayaran.

See also  6 Aplikasi Saham Penghasil Uang untuk Newbie

Membeli Saham Lewat Kantor BCA

Anda juga bisa melakukan pembelian saham BCA offline langsung mendatangi kantor BCA Sekuritas. Nanti Anda akan diminta melengkapi data seperti kartu identitas, NPWP, buku tabungan, kartu keluarga, dan materai 6.000.

Setelah itu Anda bisa melakukan top up dengan dana yang akan ditransfer ke rekening agar bisa melakukan pembelian saham. Biasanya untuk dana awal mulai dari Rp100.000 sampai Rp1.000.000. selanjutnya gunakan aplikasi sekuritas setiap melakukan transaksi.

Aplikasi sekuritas ini bisa Anda unduh di google playstore, kemudian lakukan pendaftaran akun di aplikasi tersebut. Hal ini dilakukan karena setelah melakukan top up Anda akan menerima ID dan PIN. Biasanya aplikasi sekuritas yang dipakai adalah BCAS BEST Mobile 2.0.

Setelah masuk aplikasi dan memasukkan ID dan PIN, Anda bisa langsung memilih saham perusahaan yang diinginkan. Kemudian masukkan PIN, cari menu pembelian dan masukkan berapa jumlah lot yang ingin dibeli. Terakhir klik “confirm”.

Itulah cara beli saham BCA yang bisa Anda lakukan. Anda bisa melakukan secara online maupun offline dengan datang ke kantor sekuritas. Sangat mudah untuk dilakukan bukan? Pembelian saham di BCA bisa dilakukan dengan praktis dan informasi saham yang telah ditanam ditampilkan dengan jelas.