Tips Memilih Tabungan Anak Agar Dapat Produk yang Tepat

Tips Memilih Tabungan Anak Agar Dapat Produk yang Tepat

Memiliki rencana keuangan masa depan untuk anak sekarang mulai banyak dilakukan oleh sebagian orang tua. Adapun salah satu rencanya adalah dengan mempersiapkan tabungan anak.

Hal ini bertujuan untuk membiasakan seorang anak disiplin gemar menabung sejak dini sehingga dapat mengatur keuangannya dengan baik di masa depan. Saat ini ada banyak sekali jenis tabungan yang didisediakan oleh berbagai bank. Anda bisa mengikuti tips memilih tabungan untuk anak berikut ini.

Perhatikan Persyaratan untuk Mengajukan Tabungan

Pilihlah bank yang memberikan persyaratan pengajuan pembukaan rekening yang mudah, simpel dan cepat. Orang tua akan diminta untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan karena syarat pengajuan tabungan ini berbeda dengan persyaratan tabungan pada umumnya.

Persyaratan yang dibutuhkan dalam pengajuan tabungan anak di bank biasanya adalah KTP orang tua, umur saat pengajuan <17 tahun dan akta kelahiran anak. Rekening akan tetap menggunakan nama anak dan akan lebih mudah jika orang tua juga memiliki tabungan di bank yang sama.

Pilih Tabungan dengan Setoran awal Kecil

Saat pertama kali membuka jenis tabungan, sama halnya dengan menabung biasa, bank akan meminta sejumlah uang sebagai setoran awal pembukaan rekening. Orang tua perlu mempertimbangkan setoran awal yang dikenakan bank tersebut, umumnya setoran tersebut lebih kecil dari tabungan biasa.

Oleh sebab itu, orang tua bisa menggunakan hasil celengan anak untuk setoran awal. Hal tersebut dapat mempengaruhi anak lebih agar lebih giat menabung kedepannya karena bisa memiliki tabungan sendiri dari hasil uang jajan yang disisihkan.

Pilih Tabungan dengan Jumlah Saldo Minimum

Pihak Bank ada yang menetapkan saldo minimum tabungan dan ada juga yang tidak. Bagi yang menerapkan, maka biasanya bank akan menagih nasabah yang memiliki saldo dibawah ketentuan yang diberikan.

See also  Cara Investasi Tanah Yang Mudah Dipelajari Pemula

Orang tua harus mencari tahu terlebih dahulu agar tidak merugi. Dengan memilih bank yang tidak menetapkan saldo minimun maka saldo tabungan dapat diambil semuanya.

Pilih Tabungan Anak yang Mengenakan Biaya Administrasi Rendah

Sedikit berbeda dengan tabungan biasa yang dapat melakukan setor tiap ada pemasukan, membuka rekening tabungan anak akan dikenakan biaya administrasi. Jadi orang tua harus lebih memperhatikan sebelum menabung dan mencari bank yang mengenakan biaya administrasi lebih murah.

Pastikan Tabungan Atas Nama Anak dan Memiliki Kartu ATM Sendiri

Dengan mencantumkan nama anak pada Kartu ATM, biasanya akan membuatnya merasa bangga dan semakin semangat untuk terus menabung. Meskipun demikian, sebaiknya Kartu ATM tidak diberikan pada anak karena memiliki resiko dicuri atau hilang.

Ada baiknya jika Kartu ATM tetap dipegang oleh orang tua agar lebih aman dan tidak memberikan No PIN pada anak untuk mencegah adanya tindak kejahatan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pertimbangkan Layanan Bank yang Memberikan Promo dan Hadiah Menarik

Dalam rangka menarik minat nasabah biasanya bank akan memberikan promo dan hadiah menarik yang ditawarkan misalnya memberikan promo belanja kebutuhan anak, tiket gratis untuk main wahana,hadiah langsung atau poin reward berupa uang tunai, diskon pembelian mainan dan masih banyak lagi.

Semakin banyak promo akan memotivasi anak untuk giat menabung dan secara tidak sadar dapat menanamkan nilai positif pada dirinya dan tentu saldo akan tetap bertambah banyak kedepannya.

Pilih Tabungan Anak yang Memiliki Bunga Tinggi

Bunga tabungan anak biasanya lebih kecil dari bunga tabungan biasa. Akan tetapi kebijakan setiap bank berbeda-beda, pilihlah bank yang dapat memberikan bunga menguntungkan bagi nasabahnya. Bank yang memberikan suku bunga tinggi pada minimal jumlah saldo terkecil biasanya banyak digemari.

See also  Aplikasi Saham Penghasil Uang Terpercaya

Dengan konsep demikian, akan membuat anak berpikir bahwa menabung itu sangatlah menguntungkan dan sebagai orang tua juga lebih semangat mengarahkan kebiasaan positif tersebut setiap waktu.

Kartu ATM Tabungan Memiliki Desain yang Menarik

Desain Kartu ATM yang lucu, menarik seperti gambar karakter, superhero, barbie dan lainnya secara tidak langsung juga berpengaruh besar. Hal tersebut dikarenakan dengan desain yang menarik, akan menarik anak secara visual untuk menabung dan memiliki tabungan di bank.

Diperbolehkan Akses Kontrol dari Orang Tua

Pilihlah pelayanan bank yang memberikan kemudahan orang tua untuk mengakses kegiatan transaksi. Misal seperti SMS Notifikasi bahwa anak melakukan penyetoran atau menarik dana dari ATM. Fitur ini dapat membantu mengontrol kegiatan menabung anak serta mencegah tindakan yang tidak diinginkan.

Menabung adalah hal yang memang tergolong sulit apalagi bagi seorang anak, tapi tidak dapat dipungkiri menabung memiliki banyak manfaat diantaranya melatih kesabaran, anak lebih bisa menghargai uang sejak dini, disiplin mengatur keuangan dan lebih bijak dalam menggunakan uang di masa depan.

Baiknya orang tua perlu mempertimbangkan kebiasaan positif tersebut, karena sejak anak masih dalam kandungan hingga beranjak dewasa, biaya hidupnya akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk ngajak anak menabung sejak dini.